Cara Mengembalikan Data yang Hilang Di Komputer - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Rabu, 27 September 2017

Cara Mengembalikan Data yang Hilang Di Komputer


Bongkar Kede - Pernahkah Anda kehilangan dokumen atau data entah karena virus, tanpa sengaja terhapus atau faktor lainnya? Tentu sangat menyebalkan terutama jika datanya adalah data penting dan Anda sangat membutuhkan dokumen atau data.

Tunggu sebentar! Anda tidak perlu panik. Seiring perkembangan teknologi saat ini, bukan tidak mungkin memulihkan data yang terhapus di komputer Anda.

Pada dasarnya dalam keadaan tertentu, data yang terhapus sebenarnya tidak sepenuhnya hilang dari komputer Anda. Hanya saja dibutuhkan sedikit "usaha" untuk mengembalikan dokumen sudah siap.

Inilah cara mudah mengembalikan data yang hilang.

Anda bisa memilih cara berikut sesuai kondisi yang terjadi pada komputer Anda untuk mengembalikan data yang hilang.

PERIKSA FOLDER RECYCLE BIN


Bila data di Windows dihapus, file tersebut sebenarnya tidak terhapus dari komputer Anda. Windows menyimpannya di dalam folder Recycle Bin.

Baca juga : Cara Menghapus Facebook Secara Permanen

Recycle Bin ialah fitur built-in yang diinstal secara otomatis di komputer Anda andai Anda memakai sistem operasi Windows. Folder in ialah kumpulan file atau data yang terhapus dengan sengaja atau tidak. Jika file masih terdapat di Recycle Bin, Anda dapat bernafas lega. Cukup klik kanan dan pilih Restore, maka data bakal kembali ke lokasi file mula disimpan, dan kamu bisa memakai datanya.

GUNAKAN VERSIONS SEBELUMNYA KEMBALI FITUR

Telah dicek di Recycle Bin tapi telah dihapus? Tenang, Masih ada teknik lain untuk membalikkan data yang hilang dengan memakai fitur Restore Previous Versions.

Ini ialah cara mudah sebab Anda tidak butuh menginstal program khusus guna pemulihan file. Tapi pastikan sudah menggiatkan restore point di komputer anda.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh Di Android

Berikut ialah cara membalikkan file yang dihapus dengan memakai Kembalikan Versi Sebelumnya. Buka folder data yang sebelumnya terhapus, kemudian klik kanan kemudian pilih "Restore Previous versions". Setelah tersingkap lalu pilih tab "Versi Sebelumnya", kemudian pilih folder terakhir yang hendak Anda pulihkan. Kemudian membalikkan ke posisi terakhir sebelum data dihapus.

Voila, data kamu bisa pulang dan dapat digunakan.

GUNAKAN PERANGKAT LUNAK KHUSUS JIKA DIBUTUHKAN

Jika cara di atas tidak dapat membalikkan data Anda, teknik terakhir ialah menggunakan pemulihan data perangkat empuk khusus. Ada tidak sedikit perangkat empuk yang dapat Anda pakai baik cuma-cuma maupun berbayar, laksana Recuva, MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Kiat untuk menyelamatkan data Anda supaya tidak hilang atau hilang

Data yang hilang atau hilang tidak biasa. Apalagi bagi kamu yang aktif memakai komputer dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya ikuti tip berikut supaya kehilangan data tidak terjadi pada Anda.

  • Lakukan Backup Data secara tertata di sekian banyak  tempat dari Komputer.

Sepele tapi urgen Banyak yang meremehkan guna back up data secara teratur. Tapi tersebut penting dan mesti dilaksanakan terutama andai data yang kamu miliki ialah data urgen seperti data perusahaan penting, data tesis, dll. Lakukan back up data sangat sedikit sebulan sekali ke dalam backup storage laksana flashdisk, CD. / DVD Room, Harddisk, dll. Sehingga ketika data hilang atau bobrok oleh virus. Anda dapat langsung mencatat kembali dari back-up history.

  • Gunakan teknologi Cloud Computing.

Cara lain untuk mengamankan data Anda adalah dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu Cloud Computing. Dengan Cloud, data Anda akan disimpan di server online untuk menghindari kehilangan data akibat virus, kesalahan sistem, bencana alam, dll, seperti yang dimiliki oleh Microsoft Azure. Layanan komputasi awan Microsoft adalah salah satu solusi layanan komputasi awan yang terpercaya karena fitur canggih dan teknologi Mesin Cerdas yang cerdas yang mampu menyesuaikan dan memberikan prediksi analitis terhadap data khusus Anda.

Ada baiknya, jika datanya sangat penting, berkonsultasilah dengan Konsultan IT yang terpercaya seperti EIKON Technology yang bertindak sebagai Mitra Microsoft Indonesia. Dengan demikian Anda telah mengurangi risiko kehilangan data yang mungkin berakibat fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar