Agar Akun Media Sosial Gak Mudah di Hack, Terapkan 5 Tips Simpel Ini - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Selasa, 17 September 2019

Agar Akun Media Sosial Gak Mudah di Hack, Terapkan 5 Tips Simpel Ini

Agar Akun Media Sosial Gak Mudah di Hack, Terapkan 5 Tips Simpel Ini

Bongkar Kede - Jika Anda memiliki akun media sosial baik itu LINE, Facebook, Instagram atau Whatsapp, tentu saja Anda terbiasa dengan nama "kata sandi". Setiap kali Anda ingin mengakses akun media sosial Anda di perangkat baru, Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan kode. Tentu saja ini terkait dengan keamanan Anda sebagai pengguna layanan.

Nah, agar kata sandi akun media sosial Anda tidak mudah diretas, mari kita praktikkan 5 tips berikut.

1. Hindari menggunakan kata sandi dengan kombinasi kata yang dapat diprediksi.

Sebagus mungkin, jangan gunakan nama Anda, nama hewan peliharaan Anda, nama tempat tinggal Anda atau tanggal lahir Anda sebagai kata sandi media sosial Anda. Hindari juga menggunakan kata sandi sederhana seperti "QWERTY", "kata sandi" atau "123456".

Baca Juga : Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

2. Gunakan kombinasi angka, huruf besar dan huruf kecil.

Metode ini akan mempersulit peretas untuk menebak kata sandi yang Anda gunakan. Anda dapat memasukkan angka di tengah atau awal kata sandi yang Anda gunakan atau menggunakan huruf kapital disertai dengan huruf kecil secara acak. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kombinasi yang mudah diingat tetapi sulit ditebak orang lain.

3. Gunakan fitur verifikasi 2 langkah.

Untuk menjaga keamanan pengguna, beberapa media sosial seperti Facebook, Whatsapp dan bahkan layanan email populer Gmail menanamkan fitur "verifikasi 2 langkah" ke dalam platform mereka. Fitur ini akan memverifikasi setiap akses masuk ke akun media sosial Anda.

Baca Juga : Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, biasanya Anda akan menerima sms yang berisi kode yang perlu Anda masukkan sehingga Anda dapat memasukkan meskipun Anda telah memasukkan kata sandi dengan benar. Tidak hanya melalui sms yang berisi kode login, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan jumlah kode yang telah ditentukan dan memasukkannya ketika Anda diminta untuk memasukkan kode.

4. Periksa seberapa kuat kata sandi yang Anda gunakan.

Beberapa situs seperti howsecureismypassword.net atau rumkin.com menawarkan layanan untuk memeriksa seberapa kuat kata sandi secara gratis. Dengan bantuan situs ini, Anda sudah dapat mempertimbangkan apakah kata sandi yang Anda gunakan berada dalam kategori aman atau bahkan terlalu mudah ditebak.

Baca Juga : Ponsel 4 Camera Realme 5 dan Realme 5 Pro Masuk Indonesia 19 September

5. Jangan pernah memberi tahu kata sandi Anda kepada siapa pun.

Idealnya, kata sandi hanya Anda yang bisa mengetahuinya. Bahkan jika teman atau pacar terbaik Anda meminta kata sandi media sosial Anda secara terbuka dan tanpa alasan yang jelas dan kuat, Anda tidak boleh memenuhi permintaan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar