7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Laptop - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Sabtu, 26 Agustus 2017

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Laptop

bongkarkede - Jika kita adalah seorang yang akan melakukan pembelian laptop guna kesatu kalinya, maka sejumlah hal inilah patut guna Anda simaklah sebelum memilih laptop guna dibeli.

Tentu dalam memilih sebuah perlengkapan laptop, terdapat dua pertimbangan utama yaitu dari segi hardware dan aplikasi yang diusungnya.

Inilah tujuh aspek yang patut menjadi perhatian dan pertimbangan utama sebelum melakukan pembelian laptop

1. Merek familiar vs brand  lokal

Biasanya pemilihan brand  ini tergantung pada hal kebutuhan dan finansial si pembeli. Umumnya merek familiar menjanjikan kualitas yang lebih bagus sedangkan merek lokal belum tentu. Beda dari brand  lokal dan terkenal seringkali terletak pada kualitas casing, layar, keyboard.

Sedangkan kualitas prosesor, hard disk, RAM seringkali tidak bertolak belakang jauh antara brand  lokal dengan laptop terkenal.

Namun pasti saja laptop merek familiar akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal bila dikomparasikan dengan laptop produksi lokal.

2. Kerja berat vs kerja ringan

Jika Anda membutuhkan sebuah laptop guna kerja enteng seperti kegiatan kantor atau browsing saja, maka usahakan kita memilih laptop dengan spesifikasi laksana dual core + RAM 2GB + integrated VGA.

Baca juga : Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Blogger Pemula

Sementara guna kerja berat laksana gaming ataupun desain grafis, maka Anda memerlukan prosesor paling tidak core i, minimal disandingkan dengan RAM 5 GB, diperbanyak dengan dedicated VGA.

3. Intel vs AMD

Faktor ketiga yang tidak jarang menjadi pertimbangan utama ialah prosesor. Untuk prosesor sendiri, di pasaran Indonesia terdapat dua jenis yang telah umum diketahui masyarakat yakni Intel dan AMD.

Prosesor Intel sendiri ingin dingin sedangkan AMD lebih panas sampai-sampai Anda butuh menambahkan cooler pad di bawah laptop pengusung prosesor AMD.

4. 2 USB vs 3 USB

Di pasaran pun ada dua varian laptop yang dipisahkan dari jumlah port USB yang diusungnya. Ada laptop yang dibekali dengan dua port USB dan terdapat yang mengangkat tiga port USB.

Jika Anda memerlukan mouse guna mengoperasikan laptop Anda, maka usahakan kita memilih laptop dengan 3 port USB dengan pertimbangan dua lagi dapat dipakai modem dan flash disk.

5. Hard disk lapang vs SSD

Harddisk pun menjadi spesifikasi utama yang jadi pertimbangan dalam memilih suatu laptop. Jika Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar, usahakan memilih hard disk.

Sedangkan andai Anda adalahsosok yang mementingkan kinerja laptop, maka laptop dengan SSD dapat dijadikan pilihan sebab akses data dari SSD lebih cepat dikomparasikan hard disk konvensional.

Baca juga : Waduh, Data 1 Miliard Pengguna Internet Pentagon Bocor ke Publik 

6. Baterai 4 sel vs baterai 6 sel

Baterai pun menjadi di antara spesifikasi yang disaksikan pembeli sebelum memilih suatu laptop.
Jika Anda membutuhkan laptop dengan waktu pemakaian yang lama maka usahakan kita memilih laptop pengusung baterai 6 sel.

Namun andai lama waktu pemakaian bukan menjadi konsiderasi utama Anda, maka laptop dengan baterai 4 sel bisa dijadikan pilihan.

7. Mobilitas vs kenyamanan

Faktor terakhir yang patut guna dijadikan pertimbangan utama ialah mobilitas atau kenyamanan.
Jika mobilitas sehari-hari Anda tinggi, maka Anda bisa memilih laptop dengan layar di bawah 14 inci.

Baca juga : Cara Merawat Printer Yang Menggunakan Infus

Sedangkan untuk mendapat  kenyamanan masa-masa kerja yang lebih, maka laptop dengan layar 14 inci dapat Anda jadikan pilihan guna dibeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar