10 Cara Menjadi Dropshipper Agar Cepat Untung dengan Modal Kecil - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Senin, 20 November 2017

10 Cara Menjadi Dropshipper Agar Cepat Untung dengan Modal Kecil


Seiring berjalannya waktu, lebih banyak bisnis bisa dilakukan. Nah, salah satunya adalah bisnis dropship. Tentunya kamu sudah familiar dengan istilah dropship kan?

Drop Shipping atau sering kita dengar dropship adalah model bisnis online yang hanya memanfaatkan toko online saja untuk berjualan. Cocok ya untuk ibu rumah tangga bisa mengurus anak.

Cara menjadi dropshipper kini semakin mudah, dengan sistem dropship Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal awal loh. Dropship memberikan berbagai kelebihan dengan modal kecil dan bahkan tidak menggunakan modal orang alias "gretong".

BAGAIMANA MENJADI SUKSES DROPSHIPPER ADALAH GIMANA CARANYA SIH?


Dropship adalah konsep pemasaran dimana Anda sebagai reseller hanya perlu menawarkan barang ke konsumen saja. Kemudian untuk masalah pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh supplier ke konsumen.

Nah, sebelum Anda memulai, ada baiknya mencatat bagaimana menjadi seorang dropshipper ala bongkar kede sebagai berikut.

1. Tentukan Produk Apa yang Ingin Anda Jual


Langkah pertama ini biasanya yang paling membingungkan. Tentunya Anda ingin menjual produk yang berkelanjutan dan memiliki peluang besar bukan?

Nah, ada beberapa kondisi yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan:
  • Jangan terlalu banyak menjual produk.
  • Jual produk yang spesifik.
  • Hindari menjual produk yang bersifat sementara, cari yang bisa bertahan lama.
  • Tidak mudah putus, karena pemasaran online dimana biasanya pengiriman cenderung di beberapa daerah.
  • Pastikan produk tersebut terdaftar secara resmi, jadi tidak ada masalah lisensi bila merek anda sudah berskala besar.
  • Hindari produk yang memiliki banyak pesaing 'raksasa'.
  • Pilih produk yang mudah dikirim dan kecil.


2. Targetkan Pembeli Produk


Begitu Anda memilih produk yang ingin Anda jual, sekarang saatnya menentukan siapa target pemasaran Anda.


Tentukan target pasar tertentu, jenis kelamin, dari usia, hobi, dan faktor lain yang bisa dijadikan pendekatan dan promosi.

Jangan remehkan langkah ini guys, karena dengan mengetahui target marketnya, maka anda bisa memasarkan lebih banyak produk lebih fokus sesuai dengan kebutuhannya.

3. Analisis Pesaing


Jika Anda telah lolos dari pesaing "raksasa". Jangan senang ada banyak pesaing lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan kesempatan pemasaran yang baik. Nah, salah satunya adalah menganalisa kompetitor, menemukan kekurangan dan kelebihannya.


Caranya adalah dengan mencatat 5 pesaing terbesar Anda saat ini, tuliskan kelebihan dan kekurangannya. Kemudian bandingkan dengan produk yang akan anda jual nanti.

Bagaimana Anda mengatasi keunggulan mereka untuk memenangkan persaingan dan menggunakan kelemahan mereka sebagai bahan belajar bisnis Anda.

4. Temukan Pemasok


Sekarang kalian, sekali Anda benar-benar yakin dengan pilihan produk, target pemasaran dan kondisi pasar yang mungkin terjadi, maka langkah selanjutnya adalah mencari pemasok alias sumber produk supplier.


Langkah ini seru loh guys. Karena di sini Anda harus berlomba mencari pemasok dengan harga termurah, begitu juga kualitas yang tepat, di media online dan dengan ribuan reseller lainnya.

Nah, setelah Anda mendapatkan harga murah dengan kualitas bagus. Maka keuntungan anda akan semakin besar kan?

5. Tentukan Harga Jual


Nah, bagi Anda dropshipper online, jangan berharap terlalu banyak memiliki keuntungan yang tinggi dari setiap produk yang terjual. Nah, usahakan untuk mengatur 10-20% lebih dari cukup kok untuk setiap produk yang anda jual.

Karena Anda tidak perlu modal ngeluarin untuk membeli produk terlebih dahulu, hanya modal pemasaran aja. Jadi, usahakan harga yang Anda tentukan tidak terlalu mahal untuk memulai bisnis ke dropship ini ya.

6. Analisis dan Evaluasi Ulang


Melakukan analisis dan evaluasi ulang sangat penting dalam setiap kegiatan. Nah, ini berguna untuk memperbaiki kekurangan dalam strategi pemasaran dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengembangan strategi yang telah Anda lakukan. Nah, dengan cara itu pemasaran Anda akan selalu menjadi orang yang lebih baik.

7. Tentukan Brand Identity


Lalu, bagaimana saya membiarkan saya memiliki identitas merek yang kuat? Nah, lakukan analisa dan sesuaikan apa yang telah Anda lakukan sebelumnya untuk mendapatkan brand yang sederhana dan mudah diingat orang.

Untuk memperjelas identitas merek, Anda juga harus bisa memberikan gaya, emosi, nilai kepada pelanggan. Jadi, pelanggan akan lebih mudah mengingat brand yang Anda miliki dan juga menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat pelanggan baru menjadi pelanggan tetap loh.

8. Tentukan Nama Merek


Agar Anda memiliki merek yang lebih kuat, itu harus didukung dengan nama merek yang tepat juga. Nama merek ini akan terus bertahan asalkan kita menjadi reseller online. Kecuali Anda membuat merek baru lagi.

Oleh karena itu pemilihan nama merek tidak bisa dilakukan sembarangan. Masalah nama merek Anda harus mencari nama yang bukan pasar, tidak digunakan oleh orang dan "berani tampil beda".

9. Pilih Media Penjualan


Nah, media sosial merupakan salah satu kunci sukses memasarkan produknya saat ini. Sebut saja Facebook dan Instagram. Kedua media sosial ini sangat populer sebagai lahan untuk mengembangkan bisnis dan memaksimalkan keuntungan.

Hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk adalah dengan membuat akun khusus untuk belanja online Anda. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa langsung menggunakan akun pribadi untuk memasarkan produk.

Nah pada tahap ini, Anda bisa mulai mengenalkan keberadaan brand ke khalayak sasaran, tentunya setelah persiapannya oke ya.

10. Sorot Kepribadian Merek


Nah tips terakhir, sesuai dengan tujuan awal artikel ini adalah menjadi reseller sukses yang memiliki brand terkenal, maka anda perlu memamerkan keunikan brand anda kepada pelanggan.

Salah satunya dengan teknik copywriting di setiap promosi. Ini berguna untuk menarik pelanggan dengan cepat.

Jadi, bagaimana dengan cowok? Ini siap menjadi dropshipper. Cara menjadi dropshipper diatas adalah salah satu cara anda sukses hanya dengan bekerja di rumah loh. Nah, jika Anda memiliki kritik dan saran, cukup tulis di kolom komentar di sini ya guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar