5 Tips Agar Hardisk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Senin, 28 Agustus 2017

5 Tips Agar Hardisk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak


Bongkar Kede - Hard Disk adalah salah satu hardware yang mengandung piringan magnetis dan bermanfaat untuk menyimpan data sekunder. Hal berikut yang mengakibatkan hard disk menjadi hardware sangat pentingdi laptop. Tapi, tau kah anda hard disk dapat saja merasakan kerusakan, karena anda tidak memperlakukan laptop dengan baik. Lantas, bagaimana teknik merawat hard disk laptop supaya tidak gampang rusak ya? Yaudah langsung simak aja ya gaes..

Berikut 5 Tips Agar Hard Disk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

Nah! Kali ini TipsPintar.com bakal mengulas teknik merawat Hard Disk Laptop. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Pastikan Kapasitas Memori Hard Disk Tidak Penuh

Tips yang kesatu ialah dengan meyakinkan kapasitas kenangan hard disk laptop anda tidak penuh. Hal ini berfungsi supaya kinerja laptop anda tidak merasakan penurunan, sebab keterbatasan ruang kenangan penyimpanan.

Di samping itu, andai memori penyimpanan pada hard disk sarat akan dominan  juga pada laptop. Seperti, tidak jarang nge-lag, nge-hang dan pemakaian CPU Usage terlampau tinggi.

Baca juga : Kirim Foto 4K Sudah Bisa Lewat Facebook Messenger

Nah, jajaki deh mulai kini hapus dokumen atau file yang tidak kamu pakai lagi. Hal ini paling penting, supaya semakin tidak sedikit ruang penyimpanan hard disk dan hard disk bisa bekerja lebih baik lagi.

2. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang OS

Tips yang kedua ialah jangan terlampau sering mengerjakan install ulang pada laptop kamu. Hal ini sangat bersangkutan erat dengan hard disk yang bekerja paling keras, saat laptop mengerjakan install ulang.

Hal berikut yang mengakibatkan hard disk anda jadi lebih cepat rusak. Apalagi, andai melakukan install ulang yang tidak cocok dengan standar, akibatnya di antara hard disk laptop akan merasakan kerusakan.

Baca juga : 5 Hal Fatal yang Terjadi Jika Laptop Dimatikan Langsung dari Tombol Power

Nah, mulai sekarang kerjakan install ulang seperlunya aja yaa gaes!

3. Jangan Mematikan Laptop Tanpa Melalui Tombol Shut Down

Tips yang ketiga ialah jangan mematikan laptop tanpa melewati tombol Shut Down. Kenapa tidak boleh? Karena, saat mematikan laptop secara paksa dan memakai tombol power off pun akan cepat merusak hard disk loh gaes!

Jadi, saat hard disk sedang bekerja atau sedang menyimak data di laptop dan secara tiba-tiba anda menekan tombol power off, hard disk akan merasakan shock yang berdampak menjadi bad sector.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk atau Memory Saat Dibuka Minta Format

Jadi, mulai sekarang anda harus keluarkan terlebih dahulu yaa software yang sedang berlangsung di laptop dan mesti mematikannya memakai tombol Shut down agar hard disk tidak cepat rusak.

4. Install Aplikasi Antivirus Terbaik di Laptop

Tips yang keempat ialah dengan meng-install software antivirus terbaik di laptop. Hal ini bertujuan guna menghapus virus yang ada pada laptop.

Di samping itu, untuk mengayomi hard disk dan laptop dari serangan virus yang berbahaya. Karena, virus pada laptop pun adalahsalah satu penyebab hard disk menjadi cepat rusak.

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Bagi Blogger Pemula

Nah, jadi gunakan software antivirus yang terbaik yaa dan pakai 1 saja software antivirus pada laptop.

5. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Tips yang kelima ialah jangan memakai laptop di atas kasur. Mengapa demikian? Karena, ketika anda menggunakan laptop di atas kasur, maka laptop tidak sedang di posisi yang stabil.

Piringan yang ada pada hard disk bakal berputar tidak stabil sebab miring dan pun terguncang. Nah, urusan inilah yang mengakibatkan piringan pada hard disk laptop menjadi tergores dan pun lecet.
Sama laksana mematikan laptop dengan mengurangi tombol power off, memakai laptop di atas kasur akan menyebabkan hard disk merasakan bad sector.

Jadi, mulai ketika ini memakai laptop di atas meja atau di medan yang datar yaa gaes!

Baca juga : 5 Tips Aga Harddisk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

So, bagaimana soba? Kamu telah tau kan teknik merawat hard disk laptop supaya awet. Oh iya, share tulisan ini ya supaya sobat pintar lainnya tau juga teknik merawat hard disk laptop tidak cepat rusak. Nah, bila kamu punya kritik dan saran, langsung tulis ya di kolom komentar bawah sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar