2019, Intel Siap Boyong Teknologi 5G ke PC - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Selasa, 27 Februari 2018

2019, Intel Siap Boyong Teknologi 5G ke PC


Bongkar Kede - Intel tentu saja tidak mau ketinggalan teknologi 5G selamat datang yang siap meluncur dalam waktu dekat. Hal ini dibuktikan oleh perusahaan melalui kerja sama dengan sejumlah perusahaan pembesut PC yang terkenal.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (26/2/2018), Intel telah bekerja sama dengan Dell, HP, Lenovo, dan Microsoft untuk menghadirkan teknologi 5G ke PC Windows. Ini dimungkinkan dengan modem Intel XMM 8000 series 5G.


Rencananya, PC yang terhubung ke 5G ini akan melakukan debut di pasaran pada paruh kedua 2019. Sebagai langkah awal, konsep PC yang akan mendukung 5G akan diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018.

Melalui acara tahunan tersebut, Intel akan menunjukkan kemampuan prototipe PC yang telah dilengkapi dengan teknologi 5G. Konsepnya juga menggambarkan batu loncatan PC yang sekarang mendukung 5G.

Di MWC 2018, Intel juga akan menghadirkan beberapa teknologi baru besutannya. Salah satunya adalah update teknologi Wi-Fi dengan hadirnya 802.11ax yang menawarkan efisiensi jaringan.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga akan menampilkan eSIM terbaru. Sebab, sejak September 2017, solusi modem Intel untuk PC sudah mendukung eSIM, baik untuk kebutuhan konsumen maupun bisnis.

Standar Perangkat Keras 5G Baru


Sebagai informasi, anggota 3rd Generation Partnership Project (3GPP) telah memutuskan standar perangkat keras 5G yang baru. Rencananya, standar akan debut di awal tahun ini.

Persetujuan spesifikasi 5G New Radio (NR) Non-Standalone (NSA) membuka pintu bagi banyak orang. Pemain industri sekarang bisa tahu persis apa yang perlu mereka lakukan untuk memenuhi persyaratan spesifikasi pabrik.


Spesifikasi akan berisi sejumlah spesifikasi terkait 5G, termasuk pada dukungan spektrum frekuensi rendah (600MHz dan 700MHz), medium pada 3.5GHz, dan tinggi pada 50GHz.

"Ini adalah tahap yang memungkinkan vendor untuk mulai membuat alat," kata Direktur Pemasaran Teknis Qualcomm, Matt Branda.

Pelaku industri mengharapkan beberapa standar terkait 5G untuk disetujui lebih cepat.

Jaringan 5G Siap Meluncur Tahun Ini


Setelah standar hardware baru untuk 5G diputuskan, sejumlah operator kabarnya mulai berlomba untuk menggunakannya. Salah satu operator yang disebut pertama akan menerapkannya adalah AT & T.

Operator asal Amerika Serikat tersebut kabarnya berencana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile hingga akhir 2018. Dikutip dari Engadget, jaringan ini akan tersedia bagi pengguna di 12 kota di Amerika Serikat.


Namun, AT & T belum mengungkapkan kota mana yang akan mengadopsi internet berkecepatan tinggi. Ada kemungkinan, operator masih menunggu spesifikasi standar industri baru.

Sebelumnya, AT & T telah memperkenalkan jaringan generasi berikutnya yang disebut '5G Evolution'. Meski tidak memanfaatkan teknologi jaringan 5G, layanan ini tersedia di 23 wilayah perkotaan dan direncanakan meningkat sepanjang 2018.

Di sisi lain, AT & T bukan satu-satunya operator di Amerika Serikat yang sedang bersiap menyambut 5G. Operator lain, seperti Sprint dikatakan telah berkomitmen untuk menggelar 5G pada 2019, sementara T-Mobile pada tahun 2020.

Akhirnya, ada Verizon yang telah melakukan tes 5G beberapa waktu lalu. Namun, terlepas dari siapa yang akan pertama kali mengadopsi, kehadiran 5G untuk konsumen umum hampir pasti akan meluncur dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar