6 Tanda Ponsel Kena Hack, Harus Waspada - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Sabtu, 28 September 2019

6 Tanda Ponsel Kena Hack, Harus Waspada

Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images

Bongkar Kede - Malware pada perangkat seluler bukanlah hal sepele karena itu bisa menjadi cara bagi 'penjahat' untuk masuk dan melucuti ponsel Anda. Jika Anda curiga ada telepon seluler yang diretas, bisa jadi itu ditakuti benar, terutama jika ada tanda-tanda berikut.

Josh Galindo, Direktur Pelatihan di uBreakiFix menjelaskan beberapa karakteristiknya, seperti dikutip dari Techlicious, Jumat (9/8/2019).

1. Baterai mudah berkurang

Ada banyak kemungkinan ketika baterai ponsel berkurang dengan cepat. Entah karena ponsel itu memang dalam masalah atau bisa jadi ponsel cerdas Anda sedang disadap.

Jika Anda merasa ponsel Anda baik-baik saja tetapi mengalami masalah, ada juga kemungkinan aplikasi malware atau mata-mata yang dapat memindai ponsel dan mengirim data ke sana ke server yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Melacak Nomor HP Seseorang Untuk Tahu Lokasiya dengan Cepat

2. Aplikasi sering crash

Tiba-tiba layar tertinggal, atau aplikasi mogok tiba-tiba. Ini bisa disebabkan oleh malware yang membebani sumber daya seluler atau bertabrakan dengan aplikasi lain.

Anda juga dapat mengalami aplikasi yang terus berjalan bahkan setelah menutupnya. Tanda lain adalah telepon dinyalakan ulang berulang kali.

3. Konsumsi data yang tinggi

Tanda ponsel lain yang disadap atau diretas adalah tagihan data yang luar biasa tinggi pada akhir bulan. Ini dapat berasal dari aplikasi malware atau mata-mata yang sedang menjalankan dan mengirim informasi kembali ke server.

Baca Juga : Anak Susah Lepas dari Gadget? Begini Tipsnya

4. Ada telepon atau pesan yang mencurigakan

Ketika Anda merasa ada pesan atau panggilan yang tidak Anda ketahui, Anda harus waspada. Bisa jadi ini adalah malware yang mencoba dilakukan pada ponsel untuk menghubungi nomor tersebut. Periksa biaya panggilan, atau biaya apa pun yang ada di ponsel. Jangan lupa periksa juga e-wallet yang ada apakah ada pengurangan atau tidak.

5. Munculan yang misterius

Memang, tidak semua pop-up menunjukkan ponsel Anda diretas. Tetapi pop-up yang muncul terus-menerus ternyata menjadi salah satu indikasi ponsel yang terinfeksi adware, suatu bentuk malware yang memaksa perangkat untuk membuka halaman tertentu yang menghasilkan pendapatan melalui klik untuk iklan.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Dapat Menghasilkan Uang

6. Aktivitas yang tidak biasa pada akun

Jika seorang peretas berhasil masuk ke dalam smartphone, mereka juga akan dapat mengakses akun yang terintegrasi di dalamnya. Dari media sosial ke email atau aplikasi lain.

Ini dapat diungkapkan dalam aktivitas di akun, seperti pengaturan ulang kata sandi yang tiba-tiba terjadi, mengirim email, menandai email yang belum dibaca yang belum pernah Anda baca, atau mendaftar untuk akun baru yang email verifikasinya masuk ke kotak masuk Anda.

Nah, apakah ponsel Anda mengalami tanda-tanda seperti itu?

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus