Anak Susah Lepas dari Gadget? Bagini Tipsnya - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Rabu, 25 September 2019

Anak Susah Lepas dari Gadget? Bagini Tipsnya

Ilustrasi anak main gadget. Foto: iStock

Astaga, akhir pekan semakin buruk anak-anak bermain gadget yang tidak ingat waktu. Mungkin itulah pikiran banyak orang tua.

Namun menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Psychological Science, anak-anak yang menghabiskan tiga jam sehari atau perangkat elektronik lainnya 34% lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental.

Nah, detikInet merangkum tips agar anak-anak terhindar dari kecanduan gadget dari Kid n Clicks. Buat prioritas

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Dapat Menghasilkan Uang

Buat prioritas

Orang tua harus tegas untuk mendisiplinkan anak. Buat aturan yang jelas seperti waktu tidur siang, waktu bermain di luar rumah, dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Termasuk juga masalah waktu di depan layar.

Buat batas bermain

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak yang lebih tua dari enam tahun harus dibatasi 2 jam per hari atau kurang untuk bermain gadget.
Dapat juga mengaktifkan aplikasi yang dapat membantu orang tua mengontrol waktu bermain dengan mengunci ponsel anak pada waktu-waktu tertentu seperti makan.

Baca Juga : 4 Tips Bikin Laptop Jadulmu Lebih Berguna

Jika mereka menonton TV, berikan aturan jam untuk mematikannya selama waktu tertentu. Jadi anak tidak bisa berdebat lagi karena ada kesepakatan sebelumnya.

Awalnya anak mungkin memberontak dan marah jika ia dibatasi bermain gadget. Namun Anda harus konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Seiring waktu anak akan terbiasa dengan aturan ini.

Lalu, tanamkan pemahaman awal tentang penyalahgunaan gadget dan risikonya. Orang tua dan anak-anak harus memahami hal negatif apa saja yang mungkin timbul dari penggunaan gadget, seperti sexting, foto-foto vulgar hingga masalah kecanduan game, dan bagaimana cara menghindar atau mencegahnya.

Baca Juga : Ini Lho Waktu Nge-charge Smartphone Agar Tetap Awet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar