5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang dan Cara Mengatasinya - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Rabu, 06 September 2017

5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang dan Cara Mengatasinya

Bongkar Kede - Masalah hardware yang biasa menimpa pemakai laptop ialah kipas atau heatsink yang berputar terlampau kencang, sampai-sampai dapat memunculkan suara bising.

Suara bising itu tentunya paling mengganggu ya gaes. Tapi, apasih penyebab kipas laptop bisa berputar paling cepat laksana itu?

Inilah Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang serta Cara Mengatasinya

Nah, kali ini bongkarkede.tk bakal mengulas sejumlah penyebab kipas laptop berbunyi kencang serta teknik mengatasinya. Cekidot..

1. Processor Bekerja Terlalu Keras

Seperti yang diketahui andai kita menjalankan software berat laksana game atau editing video maka otomatis processor bakal bekerja paling keras.

Hal tersebut menciptakan suhu dari processor tersebut sendiri bertambah drastis. Dengan demikian kipas yang bermanfaat sebagai pengstabil suhu processor pun akan berputar semakin kencang dan memunculkan bunyi bising.

Cara Mengatasinya :
Untuk menanggulangi hal tersebut, usahakan tidak boleh terlalu tidak sedikit menjalankan aplikasi. Terlebih lagi menjalankan software berat laksana yang tadi dijelaskan.

Artikel menarik lainnya :
1. Cara Mudah Mengatasi Memory Internal Penuh di Android
2. 5 Tips Agar Hardisk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak
3. 7 Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Membeli Laptop
4. 5 Cara Bedakan Charger Oppo Asli atau Palsu
5. Cara Merawat Printer Yang Menggunakan Infus

Dan perhatikan pun spesifikasi dari laptop kamu. Apakah laptop anda mampu menjalankan software yang berat atau tidak. Jika tidak dapat menjalankan software berat, usahakan tidak boleh sekali-kali anda menjalankan software tersebut.

2. Sistem Operasi Terlalu Berat

Sistem Operasi yang tidak cocok dengan laptop anda dapat memberi beban pada daya kerja dari laptop tersebut. Hal tersebut akan merangsang processor bekerja tambahan untuk tetap menjalankan OS tersebut.

Jika processor bekerja paling keras maka otomatis kipas laptop pun akan beputar semakin kencang pula. Hal itu dapat menciptakan kipas cepat bobrok loh gaes.

Cara Mengatasinya :
Untuk menghindari urusan tersebut, usahakan anda menggunakan Sistem Operasi yang enteng saja atau bawaan dari laptop tersebut.

3. Kipas Laptop Kotor

Penggunaan laptop yang telah lama pun dapat menyebabkan kipas laptop berputar dengan kencang. Terlebih lagi anda jarang membersihkannya.

Hal itu akan menyebabkan kipas laptop tertutup oleh debu. Debu yang menumpuk di fan akan memblokir sirkulasi udara. Dan sirkulasi udara yang tertutup akan menyebabkan processor memanas dan menciptakan fan bekerja paling kencang guna menetralisirnya.

Cara Mengatasinya :
Untuk menanggulangi hal tersebut ialah membersihkannya secara berkala. Sangat disarankan menggunakan jasa service laptop atau komputer guna membersihkannya supaya mencegah kehancuran fatal.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan

Multitasking atau pekerjaan berganda ialah menjalankan sesuatu secara bersamaan. Salah satu contohnya ialah menjalankan software di laptop secara bersamaan.

Penggunaan software secara bersamaan pastinya akan dominan terhadap daya kerja processor. Jika terlampau memaksakan, maka processor bakal panas dan tentunya merangsang fan berkerja semakin kencang.

Cara Mengatasinya :
Untuk mengatasi urusan itu usahakan kurangi pemakaian multitasking. Namun, andai harus terpaksa memakai multitasking, usahakan melulu 2-3 software saja yang berjalan.

5. Kipas Laptop Rusak

Yaps, kipas laptop yang bobrok dapat merangsang berputarnya kipas dengan cepat dan memunculkan suara bising. Hal itu dapat terjadi sebab usianya yang telah terlalu tua atau penempatan kipas laptop yang salah.

Cara Mengatasinya :
Untuk menanggulangi hal tersebut, usahakan anda perhatikan unsur dalam laptop kamu. Adakah yang bobrok atau tidak, dan pun rutin mengerjakan service.

Nah, itulah penyebab kipas laptop yang berputar dengan cepat. Jika anda mempunyai saran atau pendapat silahkan isi dikolom komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar