6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Senin, 09 September 2019

6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

Bongkar Kede - Jika kita biasanya menggunakan komputer yang diletakkan di atas meja, maka seiring waktu berbagai perangkat komputer dikemas dalam bentuk portabel seperti laptop yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Setelah penampakan benda portabel, muncul istilah atau nama, yaitu laptop dan notebook.

Kedua perangkat ini sering dibandingkan, meskipun keduanya jelas berbeda. Lebih buruk lagi, tidak semua orang tahu tentang perbedaan di kedua perangkat. Jadi apa bedanya kedua perangkat ini. Mari kita simak tulisan di bawah ini.


Baca Juga : Agar LaptopmuTak Mudah Terserang Virus, Terapkan 6 Tips Simpel Ini


1. Perbedaan ukuran layar

Dalam hal ukuran layar, kita dapat membedakan antara laptop dan notebook. Di mana laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18 inci sedangkan notebook umumnya memiliki ukuran layar dengan dimensi lebih kecil antara 13 hingga 18 inci.

2. Berat

Terlepas dari ukuran layar, hal yang membedakan keduanya adalah bobot kedua perangkat tersebut. Di mana laptop memiliki berat sekitar 3 hingga 5 kg, sedangkan notebook memiliki berat sekitar 1 hingga 2 kg.

3. Spesifikasi grafis

Jika secara umum laptop memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih mampu untuk mendukung kinerja tampilan, sedangkan notebook umumnya memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil. Namun seiring berjalannya waktu, banyak notebook untuk keluaran sekarang juga memiliki dukungan VGA dengan kapasitas dan kualitas yang cukup besar.


Baca Juga : Smartphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Mudah Mengatasinya


4. Perbedaan ukuran RAM

Jika hal di atas dapat dilihat dari segi VGA maka kapasitas RAM juga bisa menjadi perbedaan antara kedua perangkat.

Di mana portable computer umumnya memiliki kapasitas RAM principle lebih besar jika dibandingkan dengan notebook.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan output teknologi notebook sekarang juga memiliki banyak kapasitas RAM yang besar. Hingga dukungan upgrade untuk kapasitas RAM yang lebih besar.

5. Adanya DVD ROM

Merupakan salah satu perbedaan yang sangat menonjol jika pada umumnya laptop memiliki perangkat DVD ROM untuk membaca kaset, maka notebook tidak memiliki DVD ROM. Tetapi untuk mengatasi batasan ini kita dapat membeli DVD ROM eksternal untuk digunakan dalam membaca kaset pada notebook yang tidak memiliki DVD ROM internal.




6. Usia baterai

Jika secara umum penggunaan baterai pada notebook memiliki durasi yang lama, maka tidak dengan laptop yang umumnya tidak memiliki daya tahan baterai yang lama. Tetapi ini juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan daya yang tersedia pada dua perangkat portabel.
Dari perbedaan antara laptop dan notebook, semoga kita dapat menambah wawasan dan referensi di bidang teknologi, terutama dalam mengembangkan teknologi yang tersedia di komputer untuk saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar