Smartphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Minggu, 08 September 2019

Smartphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya


Image result for hp mati total
Bongkar Kede - Salah satu mimpi buruk yang terkadang dihadapi oleh pengguna smartphone Android adalah ketika perangkat tidak bisa hidup atau mati sepenuhnya. Ambil contoh, tampilan layar hanya hitam ketika tombol power telah ditekan cukup lama.

Melihat kondisi ini, wajar jika Anda panik dan frustrasi. Alasannya adalah bahwa smartphone sekarang menjadi perangkat utama yang digunakan tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga untuk menyimpan foto atau hal-hal penting lainnya.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa smartphone Android tiba-tiba mati dan tidak mau hidup lagi.

Baca Juga : 3 Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Karena itu, dengan mengetahui penyebabnya, Anda juga dapat menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Nah, untuk mengetahui penyebab dan solusi dari smartphone Android yang tiba-tiba mati dan tidak menyala, simak solusi berikut ini seperti dikutip dari Make Use Of, Selasa (15/1/2019).

1. Masalah pengisi daya

Dalam beberapa kasus, masalah dengan pengisi daya menyebabkan smartphone tidak dapat diisi ulang dan tidak dapat memulai. Karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi charger yang bermasalah.

Cara pertama, Anda bisa mengecek debu dan kotoran di port charger. Juga, periksa apakah kabel charger Anda baik-baik saja. Jika tidak, Anda perlu mengganti kabel.

2. Lakukan Siklus Daya

Ketika ponsel cerdas tiba-tiba tidak merespons dan tidak hidup, cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan siklus daya.

Artinya, Anda perlu mencabut sumber dayanya secara langsung, baterai.

Jika ponsel cerdas Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda dapat mencabutnya dan menunggu beberapa detik sebelum memasangnya kembali. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk menyalakannya kembali.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot Agar Ngebut Kembali

Sementara bagi Anda yang memiliki smartphone dengan baterai yang tidak dapat dilepas, ada beberapa trik untuk melakukan siklus daya.

Anda harus menekan dan menahan tombol daya selama beberapa detik, sekitar 10 hingga 30 detik.

3. Periksa Kondisi Baterai

Terlepas dari dua di atas, ada kemungkinan bahwa baterai mungkin menyebabkan ponsel cerdas Anda tidak mau hidup. Seperti diketahui, baterai dalam sebuah smartphone memiliki masa pakai seumur hidup dan setiap tahun kualitasnya terus menurun.

Karena itu, coba sambungkan ponsel cerdas Anda dengan pengisi daya dan lihat respons yang diberikan. Jika saat terhubung ke pengisi daya, muncul ikon baterai yang berarti tidak ada masalah.

Baca Juga : Cara Amankan WhatsApp jika Ponsel Hilang atau Dicuri

Namun, jika saat terhubung tidak ada respons, itu berarti ada masalah dengan baterai ponsel cerdas Anda. Nah, cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai.

4. Periksa layar

Ini bukan hanya masalah kekuatan, ada masalah lain yang mungkin terjadi dengan layar Anda. Tidak jarang, smartphone yang tidak bisa dihidupkan tiba-tiba disebabkan oleh masalah pada layar.

Sebagai cara untuk mengetahui apakah layar memiliki masalah atau tidak, Anda cukup menekan tombol Power selama 30 detik dan menunggu reaksi.

Jika layar tidak menampilkan proses boot, ada kemungkinan layar Anda bermasalah.

Sama seperti pada baterai, cara untuk memecahkan masalah dengan layar adalah menggantinya. Namun perlu diingat, untuk mengganti layar sebaiknya diserahkan kepada profesional.

5. Setel ulang Perangkat Android Anda

Setelah mencoba salah satu cara di atas, ada kemungkinan ponsel cerdas Anda dapat dihidupkan kembali.

Baca Juga : Tips Membersihkan Laptop, Ponsel dan Tablet

Namun terkadang, ponsel cerdas Anda tidak bisa masuk ke proses boot atau ke menu mulai.

Salah satu penyebab masalah ini biasanya karena ada ROM yang bermasalah. Solusi untuk ini adalah mengatur ulang perangkat Android Anda.

Namun, pertama-tama pastikan bahwa data Anda telah dicadangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar