10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot Agar Ngebut Kembali - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Jumat, 06 September 2019

10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot Agar Ngebut Kembali

10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot Agar Ngebut Kembali Foto: Gettyimages

Bongkar Kede - Saat ini laptop dan PC di pasaran memiliki kinerja yang cukup cepat. Apalagi ditambah dengan sistem operasi Windows 10 yang saat ini jauh lebih kencang dari pendahulunya.

Tapi, laptop atau PC yang digunakan setiap hari lambat laun kinerja akan menurun, alias lambat. Menggunakan laptop atau PC yang lambat juga akan semakin menjengkelkan, terutama jika Anda dikejar oleh tenggat waktu.

Bagi Anda pengguna laptop atau PC yang menjalankan Windows 10, 8 atau 7, yang lambat jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mengatasi laptop lambat tanpa menginstal ulang. Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi laptop lambat sehingga mereka dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga : Cara Amankan WhatsApp jika Ponsel Hilang atau Dicuri

1. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Selalu perbarui aplikasi dan sistem operasi di laptop atau PC Anda. Karena, sistem selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop Anda lebih aman tetapi juga membuat kinerja Anda lebih cepat.

2. Copot Aplikasi yang Tidak Digunakan

Terkadang kita sering mengunduh aplikasi yang jarang digunakan tanpa menyadari bahwa aplikasi tersebut memakan banyak ruang di hard disk. Untuk melihat aplikasi apa yang ada di laptop Anda dan ukurannya, Anda bisa pergi ke Control Panel> Programs> Programs and Features.

3. Batasi Aplikasi saat Startup

Laptop Anda terkadang menjadi lambat ketika dinyalakan karena beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah ketika laptop dinyalakan. Untuk membatasi aplikasi apa yang dapat dijalankan saat startup, Anda dapat membuka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini Anda dapat melihat aplikasi apa yang sedang berjalan saat startup dan bagaimana mereka mempengaruhi kinerja laptop.

Baca Juga : Tips Membersihkan Laptop, Ponsel dan Tablet

4. Bersihkan Disk

Disk Cleanup adalah utilitas yang dapat membantu Anda menghapus file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup.

5. Tingkatkan RAM

Lebih banyak memori akan membuat laptop Anda lebih cepat dalam operasi sehari-hari. Jika Anda merasa laptop Anda lambat, cobalah menggantinya dengan RAM yang lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan harian Anda.

6. Beralih ke SSD

Hard drive (HDD) memang mungkin lebih murah, tetapi solid-state drive (SSD) dapat membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi lebih cepat.

7. Periksa Virus dan Spyware

Virus, spyware, dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan tetapi juga dapat membuat kinerja laptop Anda lambat. Instal aplikasi antivirus tepercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah diinstal untuk memeriksa apakah laptop Anda memiliki virus dan melindunginya setiap saat.

Baca Juga : Layar Ponsel Kotor? Bersihkan dengan Cara Ini

8. Ubah Pengaturan Baterai

Jika Anda ingin menghemat baterai dan listrik, ini jelas bukan pilihan yang tepat tetapi dapat meningkatkan kinerja laptop Anda secara instan. Bagaimana cara pergi ke Control Panel> System and Security> Power Options.

Setelah itu, klik panah di sebelah kanan untuk menampilkan "paket tambahan" dan pilih opsi High Performance.

9. Atur Gambar dan Animasi

Versi Windows yang baru memiliki banyak animasi dan efek untuk membuat aplikasi terlihat lebih halus. Tetapi efek animasi dan grafis ini sebenarnya membuat laptop Anda lambat.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengatur atau menonaktifkannya. Cukup buka Control Panel> System and Security> System> Pengaturan sistem tingkat lanjut. Setelah itu pergi ke tab Performance dan Anda dapat memilih opsi mana yang ingin Anda nonaktifkan.

10. Gunakan Aplikasi Tune-Up

Cara lain untuk mengatasi laptop atau PC yang lambat adalah dengan menginstal aplikasi tune-up. Aplikasi ini dapat melakukan beberapa fungsi seperti menghapus file duplikat atau yang tidak lagi digunakan untuk mendefrag hard disk.

Tapi Anda harus hati-hati karena banyak aplikasi gratisan yang diklaim membuat kinerja laptop Anda lebih cepat, tetapi diam-diam mengandung malware. Jadi hanya gunakan aplikasi tune-up yang memiliki peringkat bagus dan tepercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar