3 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Sabtu, 07 September 2019

3 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

3 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Foto: Photo by Chase Lewis on Unsplash

Bongkar Kede - Anda sering menyimpan foto-foto berharga di ponsel Anda, tetapi khawatir foto itu terlalu besar untuk disimpan? Atau perlu mengunggah foto tetapi ukurannya terlalu besar?

Jangan khawatir, karena Anda dapat mengompres foto untuk mengurangi ukurannya tanpa mengurangi kualitasnya. Berikut adalah tiga cara mudah untuk mengompres foto menggunakan layanan online, PC, dan ponsel

1. Cara Mengompres Foto Daring

Mengompresi foto secara online adalah yang termudah karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan baik melalui PC atau ponsel.

Untuk mengompres foto secara online, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs https://imagecompressor.com/id/ melalui browser pilihan. Klik opsi Unggah File di tengah layar dan pilih foto yang ingin Anda kompres. Atau Anda juga dapat drag-and-drop foto langsung dari manajer file ke browser.

Anda dapat mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto yang Anda pilih akan diunggah dan dikompres secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Agar Ngebut Kembali

Setelah proses ini selesai, Anda dapat langsung mengunduh foto yang dikompresi. Tetapi jika Anda ingin merasakan ukurannya masih tidak seperti yang Anda inginkan, Anda dapat menggulir ke bawah dan mengubah tingkat kompresi.

Anda akan melihat dua versi foto yang belum dikompresi dan sudah. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang dapat Anda tambah atau kurangi sesuai keinginan.

Jika ukurannya sesuai keinginan Anda, klik Unduh Semua untuk mengunduh foto Anda ke PC atau ponsel.

2. Cara Mengompres Foto pada PC Windows

Metode ini cocok untuk Anda yang bekerja di komputer tetapi tidak terhubung ke internet. Anda juga tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun karena akan menggunakan aplikasi Foto Windows default.

Pertama-tama temukan dan pilih foto yang ingin Anda kompres dalam pengelola file. Setelah itu, klik kanan pada foto yang diinginkan, pilih Buka Dengan di menu kemudian pilih opsi Foto.

Setelah foto Anda terbuka di Foto, klik tiga titik di sisi kanan atas layar. Setelah itu menu drop down akan muncul dan klik Resize.

Baca Juga : Cara Amankan WhatsApp jika Ponsel Hilang atau Dicuri

Kemudian pilih ukuran yang Anda inginkan. Ada tiga pilihan ukuran, yaitu Kecil, Sedang dan Besar. Setelah memilih ukuran yang diinginkan, jendela Save As akan muncul untuk menyimpan foto Anda.

Pilih folder penyimpanan sesuai keinginan, masukkan nama baru foto, lalu pilih Simpan.

3. Cara Mengompres Foto di Ponsel Android

Ada banyak cara untuk mengompres foto menggunakan ponsel atau ponsel Android, termasuk menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Untuk menggunakannya, Anda harus mengunduh aplikasi di Google Play Store terlebih dahulu. Setelah proses pengunduhan dan instalasi selesai, buka aplikasi.

Di halaman depan pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang Anda inginkan, dan Anda dapat memilih hingga 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto, klik tanda centang di sisi kanan atas aplikasi. Anda diberi dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitas atau ukuran.

Baca Juga : Tips Membersihkan Laptop, Ponsel dan Tablet

Jika Anda memilih opsi kualitas, gerakkan slider ke persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, semakin besar ukuran dan kualitasnya, dan sebaliknya.

Jika Anda memilih opsi ukuran, Anda dapat mengurangi ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Anda cukup memindahkan slider ke 200 KB.

Jika kualitas dan ukurannya sesuai keinginan, klik Mulai Kompres. Tunggu beberapa saat dan foto Anda akan secara otomatis disimpan di folder LitPhoto yang dapat diakses di Galeri atau manajer file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar