Lemot Karena Memori Internal Penuh? Begini Cara Mengatasinya - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Selasa, 10 September 2019

Lemot Karena Memori Internal Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Lemot Karena Memori Internal Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Bongkar Kede - Memori internal sangat penting untuk sistem Android. Karena berfungsi untuk menyimpan sementara data pada smartphone. Bayangkan jika memori internal Anda penuh? Anda tidak akan dapat melakukan apa pun. Tidak apa-apa tentang mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Menggunakan smartphone seperti biasa sering macet. Karena sistem android tidak dapat menyimpan data sehingga tidak berjalan normal. Terutama jika memori internal Anda di bawah 16GB, Anda mungkin sering mengalami ini. Berikut adalah beberapa hal yang membuat memori internal penuh dan cara menanganinya.

1. Hapus Cache.

Cache adalah data yang disimpan dalam memori internal. Cache sangat penting karena dapat bermanfaat untuk mempercepat kinerja sistem Android dan merekam semua aktivitas yang telah kita lakukan. Cache terbanyak biasanya ditemukan di aplikasi Facebook, Instagram, Google Chrome dan Game Clash of Clans.



Baca Juga : 6 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

Ingat, cache juga dapat mengambil ruang di memori internal jika tidak dihapus. Untuk menghapus cache, buka Pengaturan -> Aplikasi -> Buka satu per satu aplikasi yang terinstal -> Lalu bersihkan cache. Jika Anda ingin instan, maka Anda juga dapat menginstal aplikasi pembersihan cache otomatis yang banyak tersedia di toko aplikasi.

2. Membersihkan File Obb.

Obb file, biasanya digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan game yang memakan banyak ruang di memori internal. Biasanya file obb tidak dihapus meskipun aplikasi dan game telah dihapus. Lokasi file obb ada di memori internal tepatnya di Android -> folder obb -> file obb.



Baca Juga : Agar Laptopmu Tak Mudah Terserang Virus, Terapkan 6 Tips Simpel Ini

3. Juga Hapus Folder Thumbnail.

. Folder Thumbnail adalah folder yang menyimpan foto dalam ukuran kecil dengan tujuan untuk memudahkan penampilan gambar di Galeri. Perlu diingat, semakin banyak file dalam. Folder thumbnail, semakin banyak ruang yang akan digunakan untuk menyimpan foto. Lokasi folder. Thumbnail ada di DCIM-. Gambar kecil.

Folder disembunyikan. Untuk melihatnya, silakan gunakan aplikasi yang bisa membuka file tersembunyi.



Baca Juga : Smartphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya

Untuk pengguna smartphone Android, jangan semua menjadi malas. Harus merawat smartphone Anda dengan baik. Sehingga smartphone favorit Anda dapat berjalan secara normal. Fyi, jika memori internal Anda hanya 4GB, Anda harus menyimpan data di MicroSD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar