Agar Laptopmu Tak Mudah Terserang Virus, Terapkan 6 Tips Simpel Ini - Bongkar Kede

Bongkar Kede

Tips dan Trik Seputar Teknologi

Senin, 09 September 2019

Agar Laptopmu Tak Mudah Terserang Virus, Terapkan 6 Tips Simpel Ini

Agar Laptopmu Tak Mudah Terserang Virus, Terapkan 6 Tips Simpel Ini!

Bongkar Kede - Bagi Anda yang memiliki perangkat elektronik, tentu saja masalah serangan virus, ransomware, malware dan sejenisnya adalah hal yang serius bagi Anda. Terutama jika Anda memiliki bisnis berbasis online, semua cara "dihentikan" sehingga semua perangkat yang Anda gunakan aman.

Meskipun Anda bukan bisnis berbasis online, tentu saja keamanan penting bagi Anda. Berbagai file seperti tugas kampus, materi kuliah, perangkat lunak dan film bajakan, dan bahkan file tesis akan dijaga ketat.

Nah, agar laptop Anda tidak rentan terhadap virus et al, mari kita praktikkan beberapa tips berikut

1. Gunakan antivirus yang kualitasnya terjamin.

Anda dapat mempertimbangkan beberapa perangkat lunak antivirus populer seperti Avast, AVG, Kaspersky dan Avira untuk melindungi perangkat Anda dari berbagai serangan destruktif. Jika Anda memiliki lebih banyak dana, Anda dapat membeli produk untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Namun, versi gratisnya juga tidak kalah hebatnya dengan versi berbayar. Bagi Anda yang suka gratis, Anda dapat mempertimbangkan versi gratis Avast atau antivirus gratis buatan Microsoft, Windows Defender.

Baca Juga : Smarphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya

2. Selalu perbarui semua aplikasi di perangkat Anda.

Pembaruan aplikasi tidak hanya untuk mengatasi bug yang ada atau menambah fitur. Biasanya memperbarui aplikasi juga membawa tambalan untuk menutup lubang keamanan dan meningkatkan keamanan aplikasi.

Jadi, pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan adalah versi terbaru, kawan!

3. Sebagus mungkin, gunakan versi OS terbaru.

Jika Anda adalah pengguna Windows lama, Anda harus dengan cepat meningkatkan ke Windows 10. Selain mendapatkan lebih banyak dukungan aplikasi, Windows 10 juga diklaim aman oleh Microsoft. Demikian pula, jika Anda menggunakan perangkat Apple, pastikan perangkat Anda menggunakan OS terbaru.

Baca Juga : 3 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

4. Hanya instal aplikasi dari sumber tepercaya.

Anda harus menginstal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Windows Store (sekarang Microsoft Store) atau dari situs web resmi penyedia aplikasi / perangkat lunak. Meskipun Anda telah menginstalnya dari sumber tepercaya, ada baiknya berhati-hati karena sekarang banyak aplikasi palsu yang berseliweran di toko resmi. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu melihat peringkat dan komentar pengguna aplikasi.

5. Cara ekstrem, jarang terhubung ke internet.

Internet adalah sarang berbagai program jahat yang berpotensi merusak laptop Anda. Bagi Anda yang tidak berhati-hati di internet, kemungkinan besar virus dan lain-lain dapat menyusup ke perangkat Anda. Jarang terhubung ke internet bisa menjadi pilihan jika Anda khawatir tentang keamanan perangkat favorit Anda.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir. Sebagian besar virus, ransomware, worm, dan sejenisnya biasanya menargetkan perusahaan skala besar karena manfaatnya lebih besar daripada individu. Lagi pula, jika Anda sudah mempraktikkan 4 tips lainnya di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang itu.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot Agar Ngebut Kembali

Jadi teman-teman, nomor berapa yang sudah kamu praktekkan? Punya tips gila dan ekstrim lainnya? Ayo, bagikan di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar